(Gc/13/1/11) – Presiden FIFA, Sepp Blatter, yakin bahwa La Liga merupakan kompetisi terbaik di dunia saat ini. Ia menambahkan bahwa Premier League dapat belajar dari kompetisi asal Spanyol tersebut.

Pernyataan Blatter mengacu atas tepilihnya delapan pemain yang ‘bermukim’ di La Liga dalam FIFA World XI Team saat acara Ballon d’Or beberapa waktu lalu. Keberhasilan La Furia Roja menjuarai Piala Dunia 2010 juga menjadi nilai lebih sang Presiden.

“Dan ketika anda menyaksikan line-up Timnas Spanyol, hampir semua pemainnya bermain berasal dari kompetisi lokal. Kompetisi tersebut juga merupakan salah satu penyumbang pemain lokal terbanyak bagi tim nasionalnya.” ungkap Blatter.

Disisi lain, Premier League dapat banyak belajar dari La Liga karena tidak ada satupun pemain asal Inggris dan Premier League masuk dalam FIFA World XI Team. Hal itu menurut Blatter dapat merusak kredibilitas dari kompetisi yang terbesar di Britania Raya tersebut.

“Premier League adalah liga dengan penjualan yang paling baik di dunia. Ini adalah liga yang menarik, dengan banyak pemain bagus. Namun, jika anda melihat tidak satupun pemainnya yang masuk ke dalam World XI, mungkin mereka harus memikirkan sesuatu untuk mengatasinya.” lanjut Blatter.

FIFA World XI berisi enam pemain dari Barcelona, dua asal Real Madrid, dan sisanya berasal dari Inter Milan yang diasuh oleh pemenang kategori Pelatih Terbaik 2010, Jose Mourinho.

Bintang Barcelona, Lionel Messi, mendapatkan gelar Ballon d’Or 2010. Hal tersebut merupakan kedua kalinya, setelah tahun lalu ia pun menyandang gelar yang sama.

Blatter menambahkan, “Leo Messi menurut saya adalah penggambaran pesepak bola yang selalu bermain indah dan juga anak baik. Ia sangat rendah hati. Dia tidak memainkan sebuah permainan, karena ia bukanlah aktor.” (ilho)

Advertisements