(15/1/11) – Beberapa waktu lalu, Manchester City sukses merekrut bintang Wolfsburg, Edin Dzeko. Hal tersebut menambah panjang daftar pemain asal Bundesliga yang meneruskan karir di Premier League.

Namun, yang menarik adalah nominal yang dikeluarkan The Citizens, untuk merekrut pemain berusia 24 tahun tersebut. Dengan nilai kontrak sebesar 27 Juta pound, Dzeko menjadi pemain termahal dalam sejarah transfer pemain Bundesliga ke Premier League.

Hal tersebut, membuat penyerang asal Bosnia itu mendapat ekspetasi tinggi dari para pendukung The Citizens saat ini. Ia diharapkan mampu untuk menambah daya dobrak City dalam upaya memperebutkan gelar juara Premier League.

Menurut sang arsitek, Roberto Mancini, alasan utama mendatangkan pemain bertinggi 192 cm tersebut, berdasarkan statistik bagus yang ditampilkan Dzeko di klub lamanya. Ia berhasil melesatkan 85 gol dari 135 penampilan bersama Wolfsburg. Ia menurut Mancini merupakan tandem yang cocok bagi Carlos Tevez di lini depan.

Memang tidak sedikit pemain yang merumput di Bundesliga, akhirnya memutuskan untuk melajutkan ‘petualangan’ mereka ke ranah Inggris. Lihat saja Dimitar Berbatov, yang dikontrak oleh Tottenham Hotspur dari Bayern Leverkusen, lalu Michael Ballack ke Chelsea dari Bayern Leverkusen, dll.

Berikut adalah beberapa nama pemain yang merupakan pemain asal Bundesliga yang melanjutkan karirnya di Premier League :

Jens Lehman (Arsenal)
Nilai Transfer dan Asal klub : Bebas Transfer ( Borussia Dortmund )
Debut Premier League : Manchester United, 2003

Perekrutan Lehman ke Arsenal diharapkan untuk menggantikan posisi penjaga gawang yang di tinggalkan oleh David Seaman. Debutnya pertama kali melawan Manchester United pada Community Shield 2003. Penjaga Gawang asal Jerman ini merupakan salah satu kiper Arsenal yang sukses menjaga mistar gawang Arsenal dalam periode 2003-2008

Michael Ballack (Chelsea)
Nilai Transfer dan Asal klub : Bebas Transfer (Bayern Leverkusen)
Debut Premier League : Liverpool, 2006

Ballack mengawali laga perdana melawan Liverpool di Comunity Shield 2006 silam. Dalam pertandingan tersebut, The Blues mampu ditekuk oleh The Reds dengan skor 2-1. Namun, karirnya bersama Lampard, cs dapat dikatakan cukup baik. Ia meraih satu gelar juara Premier Leagus, tiga gelar Piala FA, satu gelar Carling Cup, dan terakhir Community Shield tahun 2009 sebelum pindah pada tahun depannya.

Owen Hargreaves (Manchester United)
Nilai Transfer dan Asal klub : 17 juta pound (Bayern Munich)
Debut Premier League : Manchester City, 2007

Pemain keturunan Kanada-Inggris mengawali debutnya ketika melawan rival sekota, Manchester City tahun 2007 lalu. Debut gelandang bertahan tersebut kurang sempurna, karena Setan Merah harus mengalami kekahalan 1-0 dari The Citizens saat itu. Perjalanan karirnya bersama united kurang bersinar. Ia hanya melakukan 37 penampilan bersama tim asuhan Sir Alex Ferguson dari tiga tahun karirnya di Premier League karena cidera yang sering dideritanya.

Dietmar Hamann (Newcastle United)
Nilai Transfer dan Asal klub : 5,25 juta pound (Bayern Munich)
Debut Premier League : Charlton Athletic, 1998

Debut pertamanya bersama Newcastle United hanya dilalui dengan skor 0-0. Gelandang bertahan asal Jerman tersebut melakukan 28 penampilan bersama The Magpise, dan hanya melesatkan 4 gol. Namun, karirnya melesat ketika ia dikontrak oleh Liverpool pada musim berikutnya (1999). Ia berhasil mempersembahkan sembilan gelar untuk The Reds yaitu, dua Piala FA (2001, 2006), dua Piala Carling (2001, 2003), Community Shield (2001), Piala UEFA (2001), Piala Champions (2005), dan dua Piala Super Eropa (2001, 2006).

Patrick Berger (Liverpool)
Nilai Transfer dan Asal klub : 3,25 juta pound (Borussia Dortmund)
Debut Premier League : Southampton, 1996

Hanya 13 menit Berger malakoni laga perdananya bersama Liverpool, ketika mengalahkan Southampton 2-1 1996 silam. Namun, ia cukup konsisten menjalankan perannya sebagai gelandang serang The Reds. Pada periode 1996-2003, pemain asal Ceko ini memberika lima gelar bagi Liverpool dan melakukan 236 penampilan dalam empat klub Inggris yang berbeda, yaitu Liverpool (149), Portsmouth (52), Aston Villa (29) dan Stoke City (6).

Steven Pienaar (Everton)
Nilai Transfer dan Asal klub : 2 juta pound (Borussia Dortmund)
Debut Premier League : Manchester United, 2007

Pienaar melakukan debut perdana di Premier League, saat masih berstatus pemain pinjaman dari Ajax. Dari debutnya tersebut, gelandang serang asal Afrika Selatan ini mampu memukau pelatih Everton, David Moyes. Tahun 2008, ia resmi dikontrak oleh Everton setelah tahun sebelumnya ia berstatus sebagai pemain pinjaman dari Dortmund. Ia terpilih sebagai pemain terbaik Liga Inggris tahun 2010 bersama The Toffees.

Roque Santa Cruz (Blackburn Rovers)
Nilai Transfer dan Asal klub : 3,8 juta pound (Bayern Munich)
Debut Premier League : Middlesbrough, 2007

Santa Cruz mengawali debut di Premier League dengan cukup baik. Penyerang asal Paraguay tersebut berhasil melesatkan satu gol dalam laga perdananya bersama Blackburn ketika mengalahkan Middlesbrough 2-1 di tahun 2007 lalu. Dalam dua tahun karir bersama The Riversiders, ia melakukan 57 penampilan dengan 23 gol. Tahun 2009, City harus merogoh kocek sebesar 17,5 juta pound untuk memboyongnya ke City of Manchester Stadium.

Dimitar Berbatov (Tottenham)
Nilai Transfer dan Asal klub : 10,9 juta pound (Bayern Leverkusen)
Debut Premier League : Bolton Wanderers, 2006

Setelah mengawali debut yang kurang memuaskan yaitu kalah 0-2 dari Bolton tahun 2006. Berbatov menebusnya dengan penampilan mengesankan di tahun-tahun berikutnya. Penyerang asal Bulgaria tersebut dalam dua tahun karir bersama Tottenham telah mencetak 46 gol dari 91 penampilannya. Ia pun berhasil membawa Lilywhites berhasil menjuarai Piala Carling tahun 2007 lalu. Ia mendapat penghargaan Tottenham Hotspur Player of The Year tahun 2007. Setelah dua tahun berkarir di White Hart Line, ia akhirnya menuju ke Old Trafford untuk bergabung dengan Setan Merah dengan nilai kontrak yang cukup tinggi 30,7 juta pound. (ilho)

 

Advertisements